Keriteria Stream cipher

Sebelum kita membuat sebuah algoritma stream yang baik maka perlu diperhatikan beberapa faktor yang menjadi dasar pijakan. Hal ini bertujuan agar algoritma yang kita buat memenuhi kriteria cipher yang baik dan tahan terhadap attack yang ada.

1] Secara cryptographically secure

Algoritma stream cipher yang baik secara kriptografis harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut :

  • Algoritma stream cipher harus memiliki output kunci dengan periode maksimum.

Output key stream dengan periode yang tidak maksimum akan mengurangi kekuatan dari kompleksitas algoritma stream cipher, juga membuat kunci dapat berulang. Oleh karena itu periode yang maksimum diperlukan untuk menjamin bahwa algoritma stream cipher itu memiliki panjang kunci yang tidak mengulang.

  • Algoritma stream cipher harus memiliki linier complexity yang maksimum.

Kompleksitas linier yang dimiliki algoritma stream cipher juga harus maksimum untuk menjamin bahwa algoritma stream cipher tersebut sulit untuk dilakukan kriptanalisis.

  • Tahan terhadap berbagai serangan(attack) yang ada.

Algoritma stream cipher yang baik adalah sulit untuk dilakukan kriptanalisis. Saat ini telah banyak attack yang dapat diterapkan pada algoritma stream cipher. Algoritma stream cipher yang baik harus dapat mengatasi macam serangan seperti :

1. Algebraic attack

2. Correlation attack

3. Side-channel attack, dll

2] Secara statistically secure

Algoritma stream cipher dikatakan baik secara statistic jika output key stream yang dihasilkan dari algoritma stream cipher dapat memenuhi property keacakan hingga mendekati truly random. Untuk mengetahui tingkat keacakannya dilakukan dengan cara uji statistic. Output key stream yang baik harus lulus uji ststistik. Berikut ini adalah alat-alat untuk menguji keacakan statistic output key stream :

* FIPS 140.1

* FIPS 140.2

* NIST SP 800.22.V1.8 (last version)

* Die Hard Test

3] Secara Computionally Secure :

Algoritma stream cipher harus sulit dipecahkan secara komputasi. Artinya dengan menggunakan sumberdaya komputasi yang ada sekarang ini. Akan sulit bagi kitauntuk merecover kunci atau pesan, kalaupun bias didapatkan, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga kunci/pesan tersebut sudah tidak diperlukan lagi.

4] Secara performa algoritma

Algoritma stream cipher harus mudah untuk diimplementasikan kedalam software maupun hardware. Memiliki jumlah memory minimum dan memiliki kecepatan yang maksimum. Sehingga menjadikannya efisien untuk diimplementasikan. Selain itu algoritma stream cipher juga harus dapat dengan mudah diimplementasikan kedalam bahasa pemrogaman yang berbeda.

5] Secara aplikasi

Algoritma stream cipher harus dapat diaplikasikan secara real time. Tidak miliki error-propagation dan dapat melakukan sinkronisasi sendiri jika terjadi kesalahan.

2 pemikiran pada “Keriteria Stream cipher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s